Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Listrik Statis

 




     Listrik statis adalah keadaan di mana muatan listrik terakumulasi pada suatu objek tanpa mengalir melalui suatu rangkaian. Listrik statis terjadi ketika adanya ketidakseimbangan muatan positif dan negatif pada objek, yang dapat terjadi akibat gesekan antara dua objek atau perpindahan elektron antara mereka.
    Secara umum, listrik statis adalah kumpulan dari muatan listrik dalam jumlah yang tetap atau keseimbangan muatan listrik di suatu benda. Seperti halnya saat menggosokkan penggaris plastik ke rambut, penggaris ini akan bermuatan negatif, sementara rambut akan bermuatan positif.
    Listirk statis memiliki muatan listrik yang tidak merata dalam pendistribusian di dipermukaan objek. Listrik statis dapat bermuatan positif dan negatif yang saling menarik, kemudian menciptakan medan listik di sekitarnya.
    Perlu diketahui, ketika muatan elektron berpindah, maka kedua benda akan mengalami kelebihan elektron sehingga bermuatan negatif, atau kebalikannya menjadi kekurangan elektron sehingga bermuatan positif. Perbedaan sifat muatan inilah (negatif dan positif) kedua benda menjadi saling tarik-menarik. 
    Jika listrik dinamis adalah listrik yang dapat bergerak atau mengalir secara bebas, berbeda halnya dengan listrik statis yang muatan-muatan di dalamnya hanya diam (statis) dan tidak bergerak. Tidak hanya itu saja, perpindahan aliran atau arus listriknya pun sangat terbatas dan terjadi karena adanya dua benda yang saling bergesekan.
    \