Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat listrik Statis

Manfaat Listrik Statis

Apa sih manfaat dari listrik statis?
Manfaat listrik statis bagi kehidupan kita sehari-hari, di antaranya yaitu:

a. Cat semprot
Gesekan pipa semprot dari cat dan udara dapat menyebabkan listrik statis. Butiran cair dari aerosol akan menjadi muatan dan dapat tertarik ke badan benda jika benda yang akan dicat diberi muatan juga. 
Di dalam kehidupan sehari-hari, listrik statis sering dimanfaatkan untuk pengecatan mobil. Pada saat cat disemprotkan butiran halus yang ada pada cat akan bergesekan dengan udara sehingga memiliki muatan listrik. Sementara itu, permukaan mobil yang akan dicat akan diberikan muatan yang berlawanan dengan butiran cat. Sehingga butiran-butiran cat tersebut dapat tertarik ke permukaan mobil dan menempel dengan sempurna.
b. Printer laser ( mesin fotokopi)

Salah satu pemanfaatan listrik statis dalam kehidupan sehari-hari terdapat pada printer laser. Jadi, pada saat photoreceptor drum yang bermuatan positif berputar, laser bersinar melintasi permukaan yang tidak bermuatan. Laser selanjutnya menggambar pada kertas yang bermuatan negatif. Setelah melewati photoreceptor drum yang berputar, kemudian kertas akan melewati fuser. Nah, bagian fuser inilah yang menyebabkan kertas jadi terasa panas saat keluar dari printer.

c. Penangkal petir
Penangkal petir adalah tonggak seperti tombak runcing yang biasa dipasang di atap rumah atau bangunan tinggi.
Tujuannya adalah untuk meneruskan arus listrik akibat sambaran petir agar langsung dialirkan ke tanah agar bisa dinetralkan.
Besarnya aliran listrik akibat tersambar petir bisa merusak peralatan elektronik dan juga berbahaya bagi manusia. Itu sebabnya harus dinetralkan ke dalam tanah.
 Peralatan yang digunakan sebenarnya cukup sederhana tapi terbukti berhasil sesuai fungsinya.

Komponen perangkat ini adalah tonggak logam (splitzen), kabel atau kawat konduktor, dan grounding sebagai titik pembumian. Orang awam menyebutnya arde.

Cara penangkal petir melindungi gedung dari bahaya tersambar petir, yaitu:

  •  Lompatan elektron dari awan mengalir melalui penangkal petir dan masuk ke tanah.
  •  Molekul udara bermuatan listrik positif yang berkumpul disekitar ujung runcing penangkal petir akan mengalir ke kuar, sehingga meminimalisir terjadinya sambaran petir.

d. Pengumpal Asap

Fungsi dari pengumpul asap adalah untuk meminimalisir polusi udara yang asalnya dari cerobong asap pabrik. Alat ini digunakan dengan cara memasangkan 2 logam yang punya tanda besar berlawanan ke cerobong asap pabrik. Partikel asap akan mengalir lewat cerobong asap untuk kemudian diinduksi sehingga akan mengandung muatan induksi. Hasilnya adalah muatan listrik statis bersifat negatif dan positif sehingga partikel asap bisa saling menarik dan membentuk partikel yang lebih berat dan lebih besar. Peningkatan berat pun mampu mencegah partikel terbang bersama dengan asap dan akan  jatuh ke bagian bawah cerobong asap. Selain melebur, partikel asap yang bermuatan juga akan ditarik ke arah logam aktif yang ada di bagian dalam dari cerobong asap.