Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beda Potensial dan Energi Listrik

 Beda Potensial

    Beda Potensial adalah banyaknya energi listrik yang dibutuhkan untuk mengalirkan muatan listrik dari ujung-ujung penghantar. Jika pada materi listrik dinamis mempelajari tentang beda potensial, nah kali ini pada listrik statis pun kamu juga akan bertemu lagi dengan beda potensial. Tidak ada perbedaan makna, namun rumus yang digunakan sedikit berbeda, yaitu:

Energi Listrik

    Energi Potensial Listrik adalah energi yang dimiliki oleh muatan listrik karena posisinya dalam medan listrik. Energi ini dinyatakan dalam satuan Joule (J) dan diukur menggunakan sebuah alat yang disebut voltmeter. Potensial listrik didefinisikan sebagai energi potensial per satuan muatan listrik. Ada tiga jenis energi potensial, yaitu : energi potensial gravitasi, energi potensial listrik, dan energi potensial pegas.
Seperti dengan beda potensial, dalam listrik statis juga terdapat energi listrik. Energi ini dibutuhkan untuk memindahkan muatan listrik dari satu titik ke titik lainnya seperti pada listrik dinamis. Berikut rumus yang bisa digunakan:
Dari rumus diatas dapat disimak melalui vidio berikut :